Resep Sate Tahu Asam Manis

Resep Sate Tahu Asam Manis

Bahan :

  • 6 buah tahu
  • tusuk sate secukupnya

resep sate tahu asam manis

Bumbu :

  • 7 cabai merah besar
  • 7 siung bawang merah
  • 3 buah tomat
  • kecap manis secukupnya
  • 1/2 sdm garam 
  • 2 sendok makan gula
  • Minyak secukupnya
  • air secukupnya
Pelengkap :
tusuk sate secukupnya

Cara memasak Sate Tahu Asam Manis :
  1. Goreng tahu sampai matang
  2. Potong tahu menjadi dua bagian
  3. Haluskan semua bumbu halus
  4. Panaskan wajan
  5. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk sampai baunya harum
  6. Tambahkan gula dan garam. Aduk
  7. Masukkan tahu. Aduk rata sampai bumbu mengental.
  8. Angkat dan tunggu sampai dingin.
  9. Tusuk tahu dengan tusuk sate.
  10. Panggang dengan api kecil. Sambil diolesi dengan sisa bumbu.
  11.  Tuangkan kecap ke atas tahu yang sedang dipanggang sambil di bolak balik.
  12. Angkat. Lalu sajikan.

hati-Hati! Begini Cara Mengolah Daging Sapi ala Thibbun Nabawi

Cara mengolah daging sapi yang benar menurut thibbun nabawi - Daging sapi memiliki kandungan gizi yang baik. Namun disamping itu, daging sapi juga memiliki dampak negatif bagi tubuh kita. Oleh karena itu sebagian kita enggan untuk mengkonsumsinya karena khawatir terkena penyakit karena mengkonsumsi daging. ABC Resep akan membahas cara mengolah daging sapi yang benar menurut thibbun nabawi agar efek negatifnya bisa diminimalisir.

Menurut Ibnul Qayyim, daging sapi sifatnya dingin dan kering, sulit dicerna, amat sulit turun dari lambung. Juga menambah produksi empedu hitam, namun baik bagi orang yang bekerja berat. Oleh karenanya, daging sapi bagi orang yang tidak terbiasa memakannya atau sedang menderita suatu penyakit supaya berhati-hati karena empedu hitam dapat memperparahnya. Misalnya bagi penderita kudis, gatal-gatal, penyakit kaki gajah, kanker dll.
cara mengolah daging sapi menurut thibbun nabawi

Rasulullah SAW bersabda, "Hai Aisyah, diet adalah obat dan perut adalah rumah berbagai penyakit. Dan biasakanlah tubuh (menerima) apa yang biasa (diterimanya)." (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Imam Malik dalam al-Muwatha'). (baca juga : Tips Jitu Agar Daging Cepat Empuk)

Lalu bagaimana agar dampak negatif mengkonsumsi daging bisa diatasi? Ibnu Qayyim memberikan tips untuk mengatasi hal negatif dari daging dengan cara memasak daging sapi menggunakan bawang putih, jahe dan sejenisnya. Ditambahkan oleh Ibnu Muflih, bisa dimasak dengan bumbu bawang putih, jahe, lada, kayu manis, dan sebagainya. (baca juga : 7 tips cara menghilangkan bau prengus daging kambing)

Daging sapi sebenarnya kaya nutrisi. Bahkan daging anak sapi (sapi muda) lebih baik lagi kualitasnya. hanya saja, soal kebiasaan menjadi penentu ketika mengkonsumsi sesuatu, bukan hanya terkait dengan daging sapi. Orang yang tak biasa atau sedang bermasalah dengan empedu hitamnya seperti penyakit di atas, hendaknya mengantisipasi dengan memasak daging sapi menggunakan bumbu sebagaimana yang disarankan oleh Ibnul Qayyim dan Ibnu Muflih. (sumber : Majalah Suara Hidayatullah Edisi 04 XXX)
baca juga : resep rahasia sate kambing agar makin lezat dan juicy


Resep Rahasia Sate Kambing agar Makin Lezat dan juicy

Resep rahasia sate kambing agar terasa makin lezat dan gurih.
resep rahasia sate kambing yang lezat dan juicy

Bumbu :

  • Daging kambing
  • bawang bombay
  • tomat
  • minyak sayur
  • kecap
baca juga : cara membuat sate madura yang lezat 

Langkah membuat sate kambing yang lezat dan juicy :
1. Siapkan daging kambing. Potong sesuai keinginan.
2. Jangan cuci daging kambing, agar tidak mengurangi rasa.
3. Tusuk daging kambing dengan tusukan sate.
4. Iris bawang bombay, tomat.
5. Masukkan  irisan bawang dan cabai ke dalam minyak sayur.
6. Tambahkan sedikit garam lalu aduk hingga rata.
7. Masukkan kecap manis.
8. Balurkan sate dengan bumbu.
9. Panggang sate sampai matang sempurna.
10. hidangkan sate dengan bumbu sate.

Selamat menikmati resep rahasia sate kambing agar makin lezat dan juicy.

coba resep kami dengan bahan daging, silahkan klik :



Resep Sosis Tempe Crispy Gurih dan Kriuk

resep masakan olahan berbahan sosis dan tempe.

ABC Resep kali ini akan membagikan resep cara membuat sosis tempe crispy uang gurih dan kriuk. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah memasak yang mudah dan sederhana.

Sosis tempe ini bisa disajikan sebagai camilan atau bisa dinikmati sebagai lauk pauk pendamping nasi dan sayur. Anak-anak dijamin suka dan tambah lahap makannya. Yuk dicoba bun.... Resep Sosis Tempe Crispy yang gurih dan renyah (coba juga : resep tumis teri tahu)


Bahan :

  • Sosis sapi atau ayam 7 buah
  • Tempe
  • Telur 2 butir
  • 1 bungkus Tepung bumbu racik kremes indofood
  • 1 bungkus Tepung bumbu serba guna sajiku

Bumbu :

  • 3 siung bawang putih. Haluskan
  • garam
  • penyedap rasa sapi
  • minyak goreng
  • air secukupnya
Cara membuat Sosis Tempe Crispy :
  1. Campurkan tepung bumbu racik kremes dan tepung bumbu serba guna.
  2. Tuang air ke tepung sedikit demi sedikit. Kemudian remas-remas. Sampai tepung menggumpal kecil-kecil.
  3. Potong tempe kecil kecil, kemudian haluskan.
  4. Masukkan garam dan bawang putih yang telah dihaluskan ke dalam tempe. Aduk
  5. Tambahkan 2 butir telur dan penyedap rasa. Aduk sampai rata.
  6. Belah ujung sosis menjadi empat bagian.
  7. Basahi tangan dengan minyak agar tidak lengket.
  8. Ambil sebagian adonan tempe.
  9. Letakkan sosis di atas adonan tempe
  10. Gulung sosis dengan tempe. Kepal-kepal sampai padat.
  11. Gulingkan ke tepung krispi, sampai semua bagian tertutup oleh tepung krispi.
  12.  Lakukan hal yang sama sampai semua sosis dan adonan habis.
  13. Panaskan minyak goreng.
  14. Goreng sosis tempe krispi dengan minyak yang banyak, sosis tempe tenggelam dalam minyak agar matang merata. Goreng sampai kuning kecoklatan.
  15. Setelah sosis tempe crispy matang, angkat dan tiriskan.
  16. Setelah agak dingin, potong bagian tengahnya sehingga menjadi dua bagian.
  17. Sajikan dalam piring saji. Sajikan bersama saos sambal.
Mudah bukan masak sosis tempe crispy nya?
Coba juga : cara membuat kornet singkong atau resep cumi isi jamur

Untuk lebih jelas, silahkan tonton video resep masakan sosis tempe crispy yang renyah dan gurih di bawah ini

Resep Labu Putih yang Pedas dan Segar

Pada kesempatan kali ini ABC Resep akan membagikan resep masakan berbahan labu putih atau labu air. Labu putih atau labu air ini sebenarnya enak kalau dimasak menjadi sayuran pendamping nasi dan lauk. Rasanya yang segar membuat semakin lezat ketika di santap, terutama buat menu buka puasa atau menu untuk sahur. Bentar lagi kan bulan Ramadhan nih bun, bisa dicoba masak labu putih atau labu air ini.
Labu putih ternyata enak lho ketika ditumis, rasanya yang segar akan berpadu dengan pedasnya cabai dan manisnya kecap membuat tumis labu air ini semakin lezat dan disukai oleh banyak orang. (baca juga : resep sup telur kepala ayam). Cara membuatnya juga mudah kok, bahan utama labu air atau labu putih juga mudah didapat. Yuk, cobain resep Ramadhan, tumis labu putih/labu air berikut ini.

Bahan :
250 gram labu putih/ labu air

Bumbu :

  • 5 siung bawang merah, iris.
  • 5 siung bawang putih, iris
  • 1 buah tomat, iris
  • 1 buah cabai merah  besar, iris
  • 3 buah cabai rawit, iris
  • 3 lembar daun jeruk
  • Air 100 ml
  • gula setengah sendok makan
  • garam secukupnya
  • lada bubuk secukupnya
  • kecap satu sendok makan
  • Minyak untuk menumis

Cara Memasak :

  1. Kupas labu putih atau labu air, potong dadu, kemudian cuci sampai bersih.
  2. Panaskan minyak
  3. Masukkan irisan bawang merah dan bawang putih. tumis sampai harum.
  4. Tambahkan tomat, cabai merah besar, cabai rawit dan daun jeruk.
  5. Aduk sampai harum dan layu.
  6. Masukkan labu putih. Aduk.
  7. Tambahkan air 100 ml. Aduk lagi.
  8. Tambahkan garam, gula, penyedap, lada bubuk dan kecap. Aduk sampai rata.
  9. Tunggu sampai layu dan matang.
  10. Angkat dan sajikan.
Demikian cara membuat masakan berbahan labu putih. Ikuti langkah memasaknya ya, sobat ABC Resep. Mudah bukan cara memasaknya.....
Tumis labu putih cocok dimasak untuk menu buka puasa dan untuk sahur. Selamat mencoba tumis labu air ya bun....
baca juga : resep sayur gangan asam

Silahkan tonton video cara memasak tumis labu putih di channel kami Ibu Muda Suka Masak 

Cara Membuat Ikan Sarden Sendiri Yang Enak dan Tidak Amis

Cara membuat ikan sarden sendiri yang enak dan sehat - Sobat ABC Resep tentu sudah paham kalau ikan mengandung banyak kandungan gizi yang diperlukan tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan akan ikan, kadang sebagian orang memilih untuk mengkonsumsi makanan kaleng seperti sarden. Disamping rasanya yang enak, makanan sarden juga bisa disimpan dalam waktu cukup lama, juga memasaknya yang mudah dan tidak butuh waktu lama menjadi alasan sebagian orang mengkonsumsi ikan sarden. Tapi adanya berita kalau ada ikan kaleng yang mengandung cacing, membuat khawatir sebagian masyarakat. Nah, Yuk buat sendiri ikan sarden yang enak, sehat dan tidak amis. Bagi pecinta ikan sarden, nih ABC Resep sajikan resep membuat sendiri ikan sarden dengan ikan tongkol dan sejenisnya. (baca juga : cara membuat mangut lele)

Ikan tongkol sarden yang akan kita buat ini lebih enak dari ikan sarden kalengan yang biasa dijual di minimarket dan supermarket. Ikan sarden kaleng kadang perlu dibumbui lagi agar rasanya lebih enak. Kalau memasak sendiri ikan sarden tongkol, sobat bisa menyesuaikan dengan selera sobat dan tentu lebih sehat dari ikan kaleng. Ikan sarden buatan sendiri juga tidak bau amis, jadi akan anak-anak akan suka makan bun.
cara membuat ikan sarden tongkol

Sobat ABC Resep gak akan kesulitan mencari bahan baku sarden. Ikan tongkol termasuk ikan yang cukup mudah dijumpai di penjual ikan kok. Sobat bisa memilih menggunakan ikan tongkol segar atau ikan tongkol yang sudah dipindang. Kalau menggunakan ikan tongkol segar, tentu rasanya akan lebih gurih dan lezat. Tapi jangan lupa, cuci yang bersih ya.... 

Cara membuat ikan sarden tongkol mudah kok, ABC Resep akan berikan bahan, bumbu dan langkah membuat sarden yang enak. Kali ini ABC Resep menggunakan ikan tongkol yang sudah dipindang, bukan karena apa-apa sih, cuma biar lebih praktis aja. Oh ya, sobat ABC Resep disamping membaca resep membuat sarden di ABC Resep ini, sobat  juga bisa menonton videonya agar bisa mengikuti langkah demi langkah cara membuat sarden sendiri. ABC Resep sertakan videonya di bawah ya...
Bahan :
10 iris ikan tongkol

Bumbu : 
  • 4 buah tomat
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah besar. Buang bijinya dan halsukan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 buah jeruk sambal
  • 2 batang serai
  • 2 ruas jahe, digeprek
  • lada bubuk secukupnya
  • kecap secukupnya
  • air secukupnya
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
Cara Membuat Ikan Sarden :
  1. Panaskan minyak goreng
  2. Masukkan tomat, tumis sampai layu.
  3. Setelah layu, kupas tomat dan buang kulitnya
  4. Haluskan tomat dan cabai merah. Bisa diblender atau diulek.
  5. Iris bawang merah dan bawang putih
  6. Panaskan minyak kembali
  7. Masukkan bawang merah dan bawang putih
  8. Tumis sampai harum
  9. Masukkan serai dan jahe
  10. Masukkan tomat dan daun jeruk. Aduk
  11. Tambahkan air jeruk sambal. Aduk sampai rata
  12. Tambahkan lada, gula, dan garam. Aduk
  13. Masukkan ikan tongkol. Aduk sampai rata
  14. Tambahkan air secukupnya. tunggu sampai meresap.
  15. Tambahkan kecap secukupnya. Aduk sampai rata.
  16. Biarkan sampai matang dan air sedikit menyusut.
  17. Sajikan.

Gimana sobat ABC Resep, mudah bukan cara membuat sarden ikan. Yuk, buat sendiri sarden ikan yang lezat dan sehat.
baca juga : resep tumis teri tahu



Resep dan Cara Membuat Botok Teri Tempe Pedas

Resep dan Cara Membuat Botok Teri Tempe Pedas - Botok merupakan masakan tradisional yang hampir ada di seluruh wilayah Indonesia. Semua orang pecinta masakan tradisional pasti kenal makanan yang bernama botok ini. Botok adalah makanan legendaris yang sudah ada sejak zamam dulu dan masih eksis ditengah berbagai macam makanan modern, karena masih banyak disukai oleh berbagai kalangan.

botok teri tempe pedas
Botok ini banyak macamnya, ada botok teri, botok tempe, botok tahu, botok udang, botok daun simbukan, dan sebagainya. Tiap daerah biasanya punya ciri khas botok yang berbeda dengan botok dari daerah lain. Tapi bahan yang harus ada adalah parutan kelapa. Parutan kelapa adalah ciri khas dari botok yang tidak boleh dihilangkan. Meskipun kelapa yang dipakai juga berbeda-beda. Ada yang pakai kelapa muda, ada yang pakai kelapa tua. Yang penting ada kelapanya, kalau ada parutan kelapanya baru bisa disebut botok. Anda juga bisa mencoba resep botok ikan tengiri.

Botok ini makanan tradisional pendamping nasi yang cukup enak. Bahkan makan dengan nasi putih dan hanya ditemani botok saja sudah cukup lezat. Apalagi kalau nasinya masih hangat dan pulen. Wuih... maknyusss. Kalau ada yang belum pernah merasakan botok, coba aja deh... pasti ketagihan. Sobat bisa kok buat sendiri, karena ABC Resep akan memberikan resep dan cara membuat botok yang lezat dan gurih. Resep yang akan ABC Resep bagikan adalah Resep Botok Teri Tempe Pedas

Disamping mempunyai ciri khas parutan tempe, botok juga punya ciri lain yaitu daun pisang. Yap, masakan botok selalu dibungkus daun pisang. Daun pisang inilah yang menjadikan botok menjadi tambah sedap. Rasa lezat dan gurihnya kelapa akan bertambah sedap, jika dibungkus oleh daun kelapa. Resep botok yang ABC Resep bagikan adalah resep botok teri tempe. Gurihnya parutan kelapa yang berpadu dengan gurihnya ikan teri akan semakin gurih-gurih yummy.... (coba juga : resep tumis teri tahu)

Yuk, Silahkan simak dan ikuti Resep dan Cara Membuat Botok Teri Tempe Pedas

Bahan Botok :
  • 1 buah kelapa (pilih kelapa yang muda. Tapi jangan yang terlalu muda)
  • 1 ons teri basah
  • 150 gram tempe
Bumbu Botok :
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit ( sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang dikehendaki)
  • 3 cm kencur
  • 1 buah cabai merah ( buang isinya)
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
Bahan Pelengkap :
  • daun pisang secukupnya
  • lidi secukupnya untuk menyematkan daun pisang
Cara membuat botok :
  1. Jemur daun pisang agar sedikit layu, tapi jangan terlalu lama agar tidak kering.
  2. Cuci buah kelapa, kemudian parut.
  3. Potong tempe kecil-kecil sesuai selera.
  4. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, kencur. 
  5. Campur tempe, ikan teri, dan bumbu halus.
  6. Tambahkan garam dan gula.
  7. Aduk semua bahan sampai rata.
  8. Cicipi/rasakan hingga rasa gurih dan pedasnya pas.
  9. Siapkan daun pisang
  10. Ambil satu sendok penuh bahan botok, taruh di atas daun pisang.
  11. Bungkus botok dengan daun pisang. Sematkan dengan lidi.
  12. Bungkus semua bahan botok.
  13. Gunting dan rapikan bagian atas daun bungkus botok agar terlihat rapi dan cantik.
  14. Kukus di atas dandang selama 25 - 35 menit sampai botok matang.
  15. Angkat botok, jika sudah matang. Kemudian sajikan.
Gimana, mudah bukan cara membuat botok teri tempe pedas? Silahkan coba di rumah. Kalau botok teri tempe akan disajikan untuk anak tercinta, gunakan 1-2 cabai rawit atau tidak pakai cabai rawit juga tidak apa-apa, agar anak tidak merasa kepedasan. (baca juga : resep seafood asam pedas)
Selamat mencoba resep dan cara membuat botok teri tempe.

Mitos atau Fakta : Buah Duku Bisa Bikin Awet Muda ?

Penuaan dini merupakan momok yang ditakuti oleh pria maupun wanita. Menjadi tua adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Tanda penuaan biasanya mulai muncul saat seseorang menginjak usia 30 tahun. Ketika usia sudah mendekati 30 tahun, seseorang akan mengalami perubahan pada kulitnya. Kulitnya tidak lagi sekenyal saat berusia 20an tahun, kulit mulai terasa mengendur dan mulai terlihat ada kerutan. Namun, penuaan akan menjadi masalah besar terutama bagi wanita, ketika tanda-tanda penuaan muncul di saat usianya masih muda. Hal ini yang biasa disebut sebagai penuaan dini.
buah duku bikin awet muda dan mencegah penuaan dini

Penuaan dini akan menjadikan seseorang terlihat lebih tua dari usianya. Saat teman sebayanya terlihat masih muda dan segar, ia terlihat lebih tua dibanding yang lainnya. Tidak hanya itu saja, penuaan dini juga akan mempengaruhi rasa percaya diri, karena ketampanan dan kecantikannya mulai memudar, sehingga akan mengurangi daya tarik dan pesona seseorang.

Ada beberapa kasus yang dijumpai, bahwa ada seorang pria yang baru berumur 20 tahun tapi sudah kelihatan seperti bapak-bapak berumur 30 an, atau seorang gadis remaja yang baru lulus SMA tapi sudah kelihatan seperti ibu-ibu yang sudah menggendong anak. Penuaan dini ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti tingkat stres, sering terpapar sinar matahari, asap kendaraan bermotor, merokok, mengkonsumsi alkohol, sering begadang atau kurang tidur. (baca juga : hindari kolesterol, ginjal, kanker, dan penyakit jantung dengan sayur ini)

Tanda penuaan dini biasanya terlihat ketika muncul kerutan atau garis halus di sekitar kelopak mata, kulit mengendur, dan kulit mulai ada kerutan terutama dibagian wajah. Orang yang mengalami penuaan dini tentu tidak akan merasa nyaman dengan kondisi yang dialaminya. Orang yang sudah berumur 30an tahun saja berusaha sebaik mungkin untuk meminimalisir proses penuaan yang terjadi, bahkan kalau bisa pingin awet muda terus, dan tidak pernah terlihat tua. Apalagi yang masih berusia muda tapi sudah kelihatan tua. 

Ada banyak cara agar bisa awet mudan dan menghindari penuaan dini. Sobat tidak perlu keluar uang banyak agar awet muda. Ada banyak cara alami dan murah untuk menghindari proses penuaan dini. Berikut cara alami dan mudah untuk mencegah penuaan dini :
  1. istirahat teratur. Tidur yang cukup dan jangan suka begadang.
  2. hindari stress
  3. jangan merokok 
  4. jangan mengkonsumsi alkohol, 
  5. rajin membersihkan wajah terutama sebelum dan sesudah tidur
  6. rutin mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan antioksidan.
Sesuai dengan judul di atas Mitos atau Fakta, buah duku bisa bikin awet muda atau bisa mencegah penuaan dini? Apakah buah duku termasuk buah yang bisa mencegah penuaan dini? Ini mitos atau fakta? Hampir semua buah mengandung antioksidan terutama vitamin C dengan kadar yang berbeda-beda. Buah duku juga mengandung antioksidan vitamin C.

Jenis antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia bisa berupa vitamin C, vitamin E dan betakaroten. Antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari efek jahat radikal bebas. Radikal bebas yang tidak dapat ditangani tubuh dapat menjadi penyebab penyakit jantung, kanker dan juga penuaan dini. Buah duku bisa digunakan sebagai sumber antioksidan karena mengandung vitamin C. (baca juga : manfaat minyak zaitun untuk kesehatan)

Namun, seberapa banyak buah duku yang harus kita konsumsi tiap hari agar bisa mencukupi kebutuhan vitamin C kita? Tiap hari tubuh manusia membutuhkan 75 - 90 mg vitamin C. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah duku adalah sebanyak 9 mg dalam setiap 100gr duku atau sebanyak 8 - 10 buah duku, sementara vitamin yang kita butuhkan sebanyak 75 - 90 mg tiap hari, berarti untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin C kita harus mengkonsumsi sebanyak 8 - 10 gr duku atau hampir 1 kg tiap hari. wow, cukup banyak ya? 

Konsumsi buah duku sebaiknya jangan terlalu banyak, karena getah yang terdapat dalam duku bisa menyebabkan batuk. Getah tersebut biasanya ikut tertelan saat kita makan duku, sehingga jika jumlahnya terlalu banyak akan menyebabkan batuk. Lalau bagaimana biar kebutuhan vitamin C kita terpenuhi? Sobat bisa mengkonsumsi duku secukupnya saja, jangan terlalu banyak. Kemudian konsumsi buah dan sayuran lainnya untuk mencukupi kebutuhan vitamin C tubuh kita. Antioksidan juga terdapat pada buah anggur, jeruk, pir, pisang, nanas, mangga, pepaya, stroberi, brokoli, tomat, kubis, dan kacang-kacangan. (baca juga : cara menghilangkan bekas jerawat degan cepat dan alami)

Buah duku bisa bikin awet muda dan mencegah penuaan dini, mitos atau fakta ? Jawabannya, kalau konsumsinya kurang dari ketentuan di atas, maka itu adalah mitos. Tetapi, jika konsumsi buah duku sesuai dengan jumlah yang ditentukan atau buah duku ditambah dengan mengkonsumsi buah dan sayuran lainnya, maka itu akan menjadi sebuah fakta kalau buah duku bisa bikin awet muda dan mencegah penuaan dini.




Resep Telur Dadar Khas RM Padang

Resep Telur Dadar ala Rumah Makan Padang - Nah, ABC Resep akan memberikan resep masakan telur yang bisa menjadikan telur dadar bukan hanya sebagai lauk pelengkap atau hanya sebagai lauk cadangan, tetapi resep telur dadar ini juga akan cocok disajikan sebagai lauk menu utama makanan keluarga sobat semua. Resep yang akan ABC Resep bagikan adalah Resep Telur Dadar Padang yang biasa sobat jumpai di rumah makan Padang.

Telur dadar bagi masyarakat Indonesia sudah menjadi lauk pendamping nasi yang paling sering disajikan karena hampir semua keluarga menyajikan telur dadar sebagai menu sarapan pagi. Telur dadar sering dijadikan sebagai lauk cadangan strategis yang siap dimasak kapan saja saat lauk yang dimasak ternyata sudah habis. Setiap keluarga Indonesia rata-rata menyimpan telur untuk persediaan, sewaktu-waktu butuh lauk, si telur siap dimasak. Nah, telur tersebut kadang suka dibuat telur mata sapi, sering juga dimasak telur dadar. Telur dadar Padang ini istimewa banget, berbeda dengan telur dadar biasa.


Telur Dadar Khas Rm Padang

Telur Dadar Padang yang biasa juga disebut Telur Dadar Minang memiliki tekstur yang berbeda dengan telur dadar biasa. Kalau sobat yang biasa makan di RM Padang tentu sudah tahu bentuk dan rasa telur dadar padang ini. Telor dadar khas Padang ini bentuknya tebal, mengembang, empuk dan lembut. Karena bentuknya tebal, seringkali dianggap mirip dengan martabak telur. Telor dadar padang ini istimewa sekali untuk menggugah selera makan kita. Telur dadar padang ini juga menjadi salah satu menu favorit pengunjung rumah makan padang.

Telor dadar minang ini kaya rasa, rasanya beda dengan telor dadar biasa. Telur dadar minang atau telur dadar padang ini sangat cocok sekali dinikmati dengan nasi pulen hangat. Apalagi kalau berada di RM Padang, telur dadar padang ini biasanya ditemani dengan sambal hijau beserta lalapan. Wuih... maknyusss...lazid jiddan... Kayak mau nambah terus, tapi perut sudah gak muat. he he he... (baca juga : Resep sup telur bawang)

Keluarga sobat pasti suka sekali dengan telur dadar ala rumah makan padang ini, karena rasanya lezat dan  gurih sekali karena dicampur dengan kelapa parut. Nyummy.... Pasti pada nambah tuh jatah makannya. Si telur dadar khas padang ini bukan hanya bisa disajikan saat sarapan, saat buru-buru, tetapi juga bisa disajikan saat makan siang dan juga makan malam. (baca juga : Resep telur bumbu Bali)

Gimana cara membuat telur dadar khas rumah makan padang yang enak? Tenang ABC Resep siap membagikan resep telur dadar khas Padang, bahan-bahan, langkah demi langkah cara membuat telur dadar padang yang enak dan gurih. Yuk simak baik-baik resep memasak telur dadar ala RM Padang berikut ini.

Bahan Telur Dadar ala RM Padang :
  • 4 butir telur ayam atau telur bebek
  • 2 sendok makan tepung beras
  • 2 sendok makan kelapa parut
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 batang daun bawang
  • 2 batang seledri
  • Cabai merah sesuai selera pedas
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu halus 
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah\
Cara Membuat Telur Dadar ala RM Padang :
  1. sangrai kelapa parut  sampai kecoklatan. tiriskan.
  2. Iris tipis daun seledri dan daun bawang.
  3. Kocok telur beserta tepung beras, dan bumbu halus. Sampai rata dan tidak ada gumpalan.
  4. Tambahkan kelapa parut, irisan daun seledri, daun bawang, garam, dan cabai merah. Aduk sampai rata.
  5. Panaskan minyak goreng di atas wajan penggorengan anti lengket. 
  6. Tuang adonan. Goreng di atas api kecil. 
  7. Tutup wajan agar panasnya merata.
  8. Setelah bagian bawah matang, balik telur dadar. Masak hingga matang merata.
  9. Angkat dan tiriskan.
  10. Sajikan diatas piring saji. Potong sesuai selera.
  11. Telur dadar khas rumah makan Padang siap dinikmati.
Demikian Resep Telur Dadar ala Rumah Makan Padang dari ABC Resep. Silahkan sobat ikuti resep telur dadar padang di atas. Selamat memasak. (baca juga : resep sup kepala ayam telur puyuh)





Resep Kue Cubit Pelangi

Resep Kue Cubit Pelangi - Anak-anak muda jaman now ternyata suka jajanan jaman old. Banyak sekali aneka jajanan jaman old yang dimodifikasi baik tampilan maupun rasanya oleh tangan-tangan kreatif sehingga menarik minat kids jaman now, salah satunya yang lagi ngehits adalah kue cubit.

Kue cubit ini berukuran mungil seperti namanya kue cubit, mungkin karena ukurannya secubitan orang kali ya?. Kue cubit ini muncul sebagai kue basah yang sangat populer di kalangan kids jaman now. Dengan modifikasi tampilan yang menarik dan perpaduan rasa mengikuti selera jaman now, menjadikan kue cubit sebagai jajanan populer yang tidak kalah dengan jajanan modern jaman now. Aneka rasa topping yang ditawarkan inilah yang menarik perhatian dan berhasil menggoyang lidah tidak hanya anak-anak, remaja hingga orang tua. Kue cubit pada jaman old hanya bertopping meses, kini berubah mengikuti selera jaman now, ada topping keju, green tea, red velvet dan banyak lagi.
Resep Kue Cubit Pelangi

Bentuk kue cubit pun tidak hanya monoton. Kue cubit bisa dibuat dengan menggunakan berbagai cetakan keu yang beraneka bentuk. Bentuk-bentuk yang menarik jika dikombinasikan dengan aneka rasa yang menggugah selera, akan membuat kue cubit semakin menarik mata dan lidah. (baca juga : Resep Kue Cup Mutiara)

Kue cubit ini bisa dinikmati di segala suasana. saat cuaca panas di siang hari ok, saat hujan-hujan wuih tambah nyam nyam. Kue cubit juga bisa disajikan saat lagi santai di depan TV, saat nongkrong bareng teman-teman atau bahkan bisa dinikmati sebagai sarapan. Ibaratnya kue cubit ini adalah pan cake ala Indonesia. 

Agar bisa sering-sering menikmati kue cubit, bikin aja sendiri. ABC Resep akan berikan resep kue cubit, bukan hanya resep kue cubit biasa tapi resep kue cubit pelangi. Resep kue cubit dari ABC Resep ini akan menyajikan bahan-bahan dan langkah demi langkah membuat kue cubit pelangi yang empuk dan enak. (baca juga : Resep Kue Mocca )

Gak usah khawatir, takut ribet buatnya. Resep Kue Cubit Pelangi yang lezat ini mudah kok. ikuti aja langkah-langkah membuat kue pelangi di bawah ini.

Resep Kue Cubit Pelangi

Bahan Kue Cubit Pelangi

  • 200 gr tepung terigu
  • 100 ml susu cair
  • 3 butir telur
  • 100 gr gula halus
  • 100 gr margarin, lelehkan
  • 1/4 sendok teh soda kue
  • 1 sendok teh vanilla bubuk atau vanilla extract
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • Pewarna makanan (merah, kuning, hijau)
  • meses warna warni
  • serpihan biskuit secukupnya
  • chocolate chips secukupnya
  • marshmallow secukupnya

Cara membuat Kue Cubit Pelangi

  1. Siapkan wadah, lalu masukkan telur dan gula. Kocok hingga mengembang dan gula menjadi halus. Sobat ABC Resep bisa menggunakan mixer agar lebih mudah dan cepat mengembang.
  2. Masukkan susu cair dan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk hingga rata.
  3. Tuang margarin yang sudah dicairkan, aduk hingga rata.
  4. Masukkan soda kue, baking powder, dan vanilla bubuk. Aduk sampai rata.
  5. Diamkan adonan selama 15 menit agar lebih mengembang.
  6. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Masukkan ke dalam tempat yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar agar lebih mudah untuk menuangkan ke dalam cetakan.
  7. Beri warna di setiap adonan. Satu warna dalam satu wadah.
  8. Panaskan cetakan kue cubit di atas api kecil. Olesi margarin atau minyak goreng . Setelah panas, tuangkan adonan di level setengah cetakan, lalu tutup.
  9. Saat adonan sudah setengah matang dan mengembang, taburi dengan coklat meses, serpihan biskuit, chocolate chips, marshmallow, dan teruskan panggang hingga matang yang terlihat dari bagian bawah kue agak kecoklatan.
  10. Keluarkan dari cetakan dan sajikan.
  11. Sobat ABC Resep bisa menggunakan topping sesuai selera.

Resep, Bahan, dan Langkah membuat Kue Cubit Pelangi

Silahkan mencoba Resep Kue Cubit Pelangi yang empuk, enak, dan nikmat. (baca juga : Resep Roti Gulung Pisang )