Resep Sosis Tempe Crispy Gurih dan Kriuk

resep masakan olahan berbahan sosis dan tempe.

ABC Resep kali ini akan membagikan resep cara membuat sosis tempe crispy uang gurih dan kriuk. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah memasak yang mudah dan sederhana.

Sosis tempe ini bisa disajikan sebagai camilan atau bisa dinikmati sebagai lauk pauk pendamping nasi dan sayur. Anak-anak dijamin suka dan tambah lahap makannya. Yuk dicoba bun.... Resep Sosis Tempe Crispy yang gurih dan renyah (coba juga : resep tumis teri tahu)


Bahan :

  • Sosis sapi atau ayam 7 buah
  • Tempe
  • Telur 2 butir
  • 1 bungkus Tepung bumbu racik kremes indofood
  • 1 bungkus Tepung bumbu serba guna sajiku

Bumbu :

  • 3 siung bawang putih. Haluskan
  • garam
  • penyedap rasa sapi
  • minyak goreng
  • air secukupnya
Cara membuat Sosis Tempe Crispy :
  1. Campurkan tepung bumbu racik kremes dan tepung bumbu serba guna.
  2. Tuang air ke tepung sedikit demi sedikit. Kemudian remas-remas. Sampai tepung menggumpal kecil-kecil.
  3. Potong tempe kecil kecil, kemudian haluskan.
  4. Masukkan garam dan bawang putih yang telah dihaluskan ke dalam tempe. Aduk
  5. Tambahkan 2 butir telur dan penyedap rasa. Aduk sampai rata.
  6. Belah ujung sosis menjadi empat bagian.
  7. Basahi tangan dengan minyak agar tidak lengket.
  8. Ambil sebagian adonan tempe.
  9. Letakkan sosis di atas adonan tempe
  10. Gulung sosis dengan tempe. Kepal-kepal sampai padat.
  11. Gulingkan ke tepung krispi, sampai semua bagian tertutup oleh tepung krispi.
  12.  Lakukan hal yang sama sampai semua sosis dan adonan habis.
  13. Panaskan minyak goreng.
  14. Goreng sosis tempe krispi dengan minyak yang banyak, sosis tempe tenggelam dalam minyak agar matang merata. Goreng sampai kuning kecoklatan.
  15. Setelah sosis tempe crispy matang, angkat dan tiriskan.
  16. Setelah agak dingin, potong bagian tengahnya sehingga menjadi dua bagian.
  17. Sajikan dalam piring saji. Sajikan bersama saos sambal.
Mudah bukan masak sosis tempe crispy nya?
Coba juga : cara membuat kornet singkong atau resep cumi isi jamur

Untuk lebih jelas, silahkan tonton video resep masakan sosis tempe crispy yang renyah dan gurih di bawah ini

Resep Labu Putih yang Pedas dan Segar

Pada kesempatan kali ini ABC Resep akan membagikan resep masakan berbahan labu putih atau labu air. Labu putih atau labu air ini sebenarnya enak kalau dimasak menjadi sayuran pendamping nasi dan lauk. Rasanya yang segar membuat semakin lezat ketika di santap, terutama buat menu buka puasa atau menu untuk sahur. Bentar lagi kan bulan Ramadhan nih bun, bisa dicoba masak labu putih atau labu air ini.
Labu putih ternyata enak lho ketika ditumis, rasanya yang segar akan berpadu dengan pedasnya cabai dan manisnya kecap membuat tumis labu air ini semakin lezat dan disukai oleh banyak orang. (baca juga : resep sup telur kepala ayam). Cara membuatnya juga mudah kok, bahan utama labu air atau labu putih juga mudah didapat. Yuk, cobain resep Ramadhan, tumis labu putih/labu air berikut ini.

Bahan :
250 gram labu putih/ labu air

Bumbu :

  • 5 siung bawang merah, iris.
  • 5 siung bawang putih, iris
  • 1 buah tomat, iris
  • 1 buah cabai merah  besar, iris
  • 3 buah cabai rawit, iris
  • 3 lembar daun jeruk
  • Air 100 ml
  • gula setengah sendok makan
  • garam secukupnya
  • lada bubuk secukupnya
  • kecap satu sendok makan
  • Minyak untuk menumis

Cara Memasak :

  1. Kupas labu putih atau labu air, potong dadu, kemudian cuci sampai bersih.
  2. Panaskan minyak
  3. Masukkan irisan bawang merah dan bawang putih. tumis sampai harum.
  4. Tambahkan tomat, cabai merah besar, cabai rawit dan daun jeruk.
  5. Aduk sampai harum dan layu.
  6. Masukkan labu putih. Aduk.
  7. Tambahkan air 100 ml. Aduk lagi.
  8. Tambahkan garam, gula, penyedap, lada bubuk dan kecap. Aduk sampai rata.
  9. Tunggu sampai layu dan matang.
  10. Angkat dan sajikan.
Demikian cara membuat masakan berbahan labu putih. Ikuti langkah memasaknya ya, sobat ABC Resep. Mudah bukan cara memasaknya.....
Tumis labu putih cocok dimasak untuk menu buka puasa dan untuk sahur. Selamat mencoba tumis labu air ya bun....
baca juga : resep sayur gangan asam

Silahkan tonton video cara memasak tumis labu putih di channel kami Ibu Muda Suka Masak 

Cara Membuat Ikan Sarden Sendiri Yang Enak dan Tidak Amis

Cara membuat ikan sarden sendiri yang enak dan sehat - Sobat ABC Resep tentu sudah paham kalau ikan mengandung banyak kandungan gizi yang diperlukan tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan akan ikan, kadang sebagian orang memilih untuk mengkonsumsi makanan kaleng seperti sarden. Disamping rasanya yang enak, makanan sarden juga bisa disimpan dalam waktu cukup lama, juga memasaknya yang mudah dan tidak butuh waktu lama menjadi alasan sebagian orang mengkonsumsi ikan sarden. Tapi adanya berita kalau ada ikan kaleng yang mengandung cacing, membuat khawatir sebagian masyarakat. Nah, Yuk buat sendiri ikan sarden yang enak, sehat dan tidak amis. Bagi pecinta ikan sarden, nih ABC Resep sajikan resep membuat sendiri ikan sarden dengan ikan tongkol dan sejenisnya. (baca juga : cara membuat mangut lele)

Ikan tongkol sarden yang akan kita buat ini lebih enak dari ikan sarden kalengan yang biasa dijual di minimarket dan supermarket. Ikan sarden kaleng kadang perlu dibumbui lagi agar rasanya lebih enak. Kalau memasak sendiri ikan sarden tongkol, sobat bisa menyesuaikan dengan selera sobat dan tentu lebih sehat dari ikan kaleng. Ikan sarden buatan sendiri juga tidak bau amis, jadi akan anak-anak akan suka makan bun.
cara membuat ikan sarden tongkol

Sobat ABC Resep gak akan kesulitan mencari bahan baku sarden. Ikan tongkol termasuk ikan yang cukup mudah dijumpai di penjual ikan kok. Sobat bisa memilih menggunakan ikan tongkol segar atau ikan tongkol yang sudah dipindang. Kalau menggunakan ikan tongkol segar, tentu rasanya akan lebih gurih dan lezat. Tapi jangan lupa, cuci yang bersih ya.... 

Cara membuat ikan sarden tongkol mudah kok, ABC Resep akan berikan bahan, bumbu dan langkah membuat sarden yang enak. Kali ini ABC Resep menggunakan ikan tongkol yang sudah dipindang, bukan karena apa-apa sih, cuma biar lebih praktis aja. Oh ya, sobat ABC Resep disamping membaca resep membuat sarden di ABC Resep ini, sobat  juga bisa menonton videonya agar bisa mengikuti langkah demi langkah cara membuat sarden sendiri. ABC Resep sertakan videonya di bawah ya...
Bahan :
10 iris ikan tongkol

Bumbu : 
  • 4 buah tomat
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah besar. Buang bijinya dan halsukan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 buah jeruk sambal
  • 2 batang serai
  • 2 ruas jahe, digeprek
  • lada bubuk secukupnya
  • kecap secukupnya
  • air secukupnya
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
Cara Membuat Ikan Sarden :
  1. Panaskan minyak goreng
  2. Masukkan tomat, tumis sampai layu.
  3. Setelah layu, kupas tomat dan buang kulitnya
  4. Haluskan tomat dan cabai merah. Bisa diblender atau diulek.
  5. Iris bawang merah dan bawang putih
  6. Panaskan minyak kembali
  7. Masukkan bawang merah dan bawang putih
  8. Tumis sampai harum
  9. Masukkan serai dan jahe
  10. Masukkan tomat dan daun jeruk. Aduk
  11. Tambahkan air jeruk sambal. Aduk sampai rata
  12. Tambahkan lada, gula, dan garam. Aduk
  13. Masukkan ikan tongkol. Aduk sampai rata
  14. Tambahkan air secukupnya. tunggu sampai meresap.
  15. Tambahkan kecap secukupnya. Aduk sampai rata.
  16. Biarkan sampai matang dan air sedikit menyusut.
  17. Sajikan.

Gimana sobat ABC Resep, mudah bukan cara membuat sarden ikan. Yuk, buat sendiri sarden ikan yang lezat dan sehat.
baca juga : resep tumis teri tahu



Resep dan Cara Membuat Botok Teri Tempe Pedas

Resep dan Cara Membuat Botok Teri Tempe Pedas - Botok merupakan masakan tradisional yang hampir ada di seluruh wilayah Indonesia. Semua orang pecinta masakan tradisional pasti kenal makanan yang bernama botok ini. Botok adalah makanan legendaris yang sudah ada sejak zamam dulu dan masih eksis ditengah berbagai macam makanan modern, karena masih banyak disukai oleh berbagai kalangan.

botok teri tempe pedas
Botok ini banyak macamnya, ada botok teri, botok tempe, botok tahu, botok udang, botok daun simbukan, dan sebagainya. Tiap daerah biasanya punya ciri khas botok yang berbeda dengan botok dari daerah lain. Tapi bahan yang harus ada adalah parutan kelapa. Parutan kelapa adalah ciri khas dari botok yang tidak boleh dihilangkan. Meskipun kelapa yang dipakai juga berbeda-beda. Ada yang pakai kelapa muda, ada yang pakai kelapa tua. Yang penting ada kelapanya, kalau ada parutan kelapanya baru bisa disebut botok. Anda juga bisa mencoba resep botok ikan tengiri.

Botok ini makanan tradisional pendamping nasi yang cukup enak. Bahkan makan dengan nasi putih dan hanya ditemani botok saja sudah cukup lezat. Apalagi kalau nasinya masih hangat dan pulen. Wuih... maknyusss. Kalau ada yang belum pernah merasakan botok, coba aja deh... pasti ketagihan. Sobat bisa kok buat sendiri, karena ABC Resep akan memberikan resep dan cara membuat botok yang lezat dan gurih. Resep yang akan ABC Resep bagikan adalah Resep Botok Teri Tempe Pedas

Disamping mempunyai ciri khas parutan tempe, botok juga punya ciri lain yaitu daun pisang. Yap, masakan botok selalu dibungkus daun pisang. Daun pisang inilah yang menjadikan botok menjadi tambah sedap. Rasa lezat dan gurihnya kelapa akan bertambah sedap, jika dibungkus oleh daun kelapa. Resep botok yang ABC Resep bagikan adalah resep botok teri tempe. Gurihnya parutan kelapa yang berpadu dengan gurihnya ikan teri akan semakin gurih-gurih yummy.... (coba juga : resep tumis teri tahu)

Yuk, Silahkan simak dan ikuti Resep dan Cara Membuat Botok Teri Tempe Pedas

Bahan Botok :
  • 1 buah kelapa (pilih kelapa yang muda. Tapi jangan yang terlalu muda)
  • 1 ons teri basah
  • 150 gram tempe
Bumbu Botok :
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit ( sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang dikehendaki)
  • 3 cm kencur
  • 1 buah cabai merah ( buang isinya)
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
Bahan Pelengkap :
  • daun pisang secukupnya
  • lidi secukupnya untuk menyematkan daun pisang
Cara membuat botok :
  1. Jemur daun pisang agar sedikit layu, tapi jangan terlalu lama agar tidak kering.
  2. Cuci buah kelapa, kemudian parut.
  3. Potong tempe kecil-kecil sesuai selera.
  4. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, kencur. 
  5. Campur tempe, ikan teri, dan bumbu halus.
  6. Tambahkan garam dan gula.
  7. Aduk semua bahan sampai rata.
  8. Cicipi/rasakan hingga rasa gurih dan pedasnya pas.
  9. Siapkan daun pisang
  10. Ambil satu sendok penuh bahan botok, taruh di atas daun pisang.
  11. Bungkus botok dengan daun pisang. Sematkan dengan lidi.
  12. Bungkus semua bahan botok.
  13. Gunting dan rapikan bagian atas daun bungkus botok agar terlihat rapi dan cantik.
  14. Kukus di atas dandang selama 25 - 35 menit sampai botok matang.
  15. Angkat botok, jika sudah matang. Kemudian sajikan.
Gimana, mudah bukan cara membuat botok teri tempe pedas? Silahkan coba di rumah. Kalau botok teri tempe akan disajikan untuk anak tercinta, gunakan 1-2 cabai rawit atau tidak pakai cabai rawit juga tidak apa-apa, agar anak tidak merasa kepedasan. (baca juga : resep seafood asam pedas)
Selamat mencoba resep dan cara membuat botok teri tempe.

Mitos atau Fakta : Buah Duku Bisa Bikin Awet Muda ?

Penuaan dini merupakan momok yang ditakuti oleh pria maupun wanita. Menjadi tua adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Tanda penuaan biasanya mulai muncul saat seseorang menginjak usia 30 tahun. Ketika usia sudah mendekati 30 tahun, seseorang akan mengalami perubahan pada kulitnya. Kulitnya tidak lagi sekenyal saat berusia 20an tahun, kulit mulai terasa mengendur dan mulai terlihat ada kerutan. Namun, penuaan akan menjadi masalah besar terutama bagi wanita, ketika tanda-tanda penuaan muncul di saat usianya masih muda. Hal ini yang biasa disebut sebagai penuaan dini.
buah duku bikin awet muda dan mencegah penuaan dini

Penuaan dini akan menjadikan seseorang terlihat lebih tua dari usianya. Saat teman sebayanya terlihat masih muda dan segar, ia terlihat lebih tua dibanding yang lainnya. Tidak hanya itu saja, penuaan dini juga akan mempengaruhi rasa percaya diri, karena ketampanan dan kecantikannya mulai memudar, sehingga akan mengurangi daya tarik dan pesona seseorang.

Ada beberapa kasus yang dijumpai, bahwa ada seorang pria yang baru berumur 20 tahun tapi sudah kelihatan seperti bapak-bapak berumur 30 an, atau seorang gadis remaja yang baru lulus SMA tapi sudah kelihatan seperti ibu-ibu yang sudah menggendong anak. Penuaan dini ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti tingkat stres, sering terpapar sinar matahari, asap kendaraan bermotor, merokok, mengkonsumsi alkohol, sering begadang atau kurang tidur. (baca juga : hindari kolesterol, ginjal, kanker, dan penyakit jantung dengan sayur ini)

Tanda penuaan dini biasanya terlihat ketika muncul kerutan atau garis halus di sekitar kelopak mata, kulit mengendur, dan kulit mulai ada kerutan terutama dibagian wajah. Orang yang mengalami penuaan dini tentu tidak akan merasa nyaman dengan kondisi yang dialaminya. Orang yang sudah berumur 30an tahun saja berusaha sebaik mungkin untuk meminimalisir proses penuaan yang terjadi, bahkan kalau bisa pingin awet muda terus, dan tidak pernah terlihat tua. Apalagi yang masih berusia muda tapi sudah kelihatan tua. 

Ada banyak cara agar bisa awet mudan dan menghindari penuaan dini. Sobat tidak perlu keluar uang banyak agar awet muda. Ada banyak cara alami dan murah untuk menghindari proses penuaan dini. Berikut cara alami dan mudah untuk mencegah penuaan dini :
  1. istirahat teratur. Tidur yang cukup dan jangan suka begadang.
  2. hindari stress
  3. jangan merokok 
  4. jangan mengkonsumsi alkohol, 
  5. rajin membersihkan wajah terutama sebelum dan sesudah tidur
  6. rutin mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan antioksidan.
Sesuai dengan judul di atas Mitos atau Fakta, buah duku bisa bikin awet muda atau bisa mencegah penuaan dini? Apakah buah duku termasuk buah yang bisa mencegah penuaan dini? Ini mitos atau fakta? Hampir semua buah mengandung antioksidan terutama vitamin C dengan kadar yang berbeda-beda. Buah duku juga mengandung antioksidan vitamin C.

Jenis antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia bisa berupa vitamin C, vitamin E dan betakaroten. Antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari efek jahat radikal bebas. Radikal bebas yang tidak dapat ditangani tubuh dapat menjadi penyebab penyakit jantung, kanker dan juga penuaan dini. Buah duku bisa digunakan sebagai sumber antioksidan karena mengandung vitamin C. (baca juga : manfaat minyak zaitun untuk kesehatan)

Namun, seberapa banyak buah duku yang harus kita konsumsi tiap hari agar bisa mencukupi kebutuhan vitamin C kita? Tiap hari tubuh manusia membutuhkan 75 - 90 mg vitamin C. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah duku adalah sebanyak 9 mg dalam setiap 100gr duku atau sebanyak 8 - 10 buah duku, sementara vitamin yang kita butuhkan sebanyak 75 - 90 mg tiap hari, berarti untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin C kita harus mengkonsumsi sebanyak 8 - 10 gr duku atau hampir 1 kg tiap hari. wow, cukup banyak ya? 

Konsumsi buah duku sebaiknya jangan terlalu banyak, karena getah yang terdapat dalam duku bisa menyebabkan batuk. Getah tersebut biasanya ikut tertelan saat kita makan duku, sehingga jika jumlahnya terlalu banyak akan menyebabkan batuk. Lalau bagaimana biar kebutuhan vitamin C kita terpenuhi? Sobat bisa mengkonsumsi duku secukupnya saja, jangan terlalu banyak. Kemudian konsumsi buah dan sayuran lainnya untuk mencukupi kebutuhan vitamin C tubuh kita. Antioksidan juga terdapat pada buah anggur, jeruk, pir, pisang, nanas, mangga, pepaya, stroberi, brokoli, tomat, kubis, dan kacang-kacangan. (baca juga : cara menghilangkan bekas jerawat degan cepat dan alami)

Buah duku bisa bikin awet muda dan mencegah penuaan dini, mitos atau fakta ? Jawabannya, kalau konsumsinya kurang dari ketentuan di atas, maka itu adalah mitos. Tetapi, jika konsumsi buah duku sesuai dengan jumlah yang ditentukan atau buah duku ditambah dengan mengkonsumsi buah dan sayuran lainnya, maka itu akan menjadi sebuah fakta kalau buah duku bisa bikin awet muda dan mencegah penuaan dini.




Resep Telur Dadar Khas RM Padang

Resep Telur Dadar ala Rumah Makan Padang - Nah, ABC Resep akan memberikan resep masakan telur yang bisa menjadikan telur dadar bukan hanya sebagai lauk pelengkap atau hanya sebagai lauk cadangan, tetapi resep telur dadar ini juga akan cocok disajikan sebagai lauk menu utama makanan keluarga sobat semua. Resep yang akan ABC Resep bagikan adalah Resep Telur Dadar Padang yang biasa sobat jumpai di rumah makan Padang.

Telur dadar bagi masyarakat Indonesia sudah menjadi lauk pendamping nasi yang paling sering disajikan karena hampir semua keluarga menyajikan telur dadar sebagai menu sarapan pagi. Telur dadar sering dijadikan sebagai lauk cadangan strategis yang siap dimasak kapan saja saat lauk yang dimasak ternyata sudah habis. Setiap keluarga Indonesia rata-rata menyimpan telur untuk persediaan, sewaktu-waktu butuh lauk, si telur siap dimasak. Nah, telur tersebut kadang suka dibuat telur mata sapi, sering juga dimasak telur dadar. Telur dadar Padang ini istimewa banget, berbeda dengan telur dadar biasa.


Telur Dadar Khas Rm Padang

Telur Dadar Padang yang biasa juga disebut Telur Dadar Minang memiliki tekstur yang berbeda dengan telur dadar biasa. Kalau sobat yang biasa makan di RM Padang tentu sudah tahu bentuk dan rasa telur dadar padang ini. Telor dadar khas Padang ini bentuknya tebal, mengembang, empuk dan lembut. Karena bentuknya tebal, seringkali dianggap mirip dengan martabak telur. Telor dadar padang ini istimewa sekali untuk menggugah selera makan kita. Telur dadar padang ini juga menjadi salah satu menu favorit pengunjung rumah makan padang.

Telor dadar minang ini kaya rasa, rasanya beda dengan telor dadar biasa. Telur dadar minang atau telur dadar padang ini sangat cocok sekali dinikmati dengan nasi pulen hangat. Apalagi kalau berada di RM Padang, telur dadar padang ini biasanya ditemani dengan sambal hijau beserta lalapan. Wuih... maknyusss...lazid jiddan... Kayak mau nambah terus, tapi perut sudah gak muat. he he he... (baca juga : Resep sup telur bawang)

Keluarga sobat pasti suka sekali dengan telur dadar ala rumah makan padang ini, karena rasanya lezat dan  gurih sekali karena dicampur dengan kelapa parut. Nyummy.... Pasti pada nambah tuh jatah makannya. Si telur dadar khas padang ini bukan hanya bisa disajikan saat sarapan, saat buru-buru, tetapi juga bisa disajikan saat makan siang dan juga makan malam. (baca juga : Resep telur bumbu Bali)

Gimana cara membuat telur dadar khas rumah makan padang yang enak? Tenang ABC Resep siap membagikan resep telur dadar khas Padang, bahan-bahan, langkah demi langkah cara membuat telur dadar padang yang enak dan gurih. Yuk simak baik-baik resep memasak telur dadar ala RM Padang berikut ini.

Bahan Telur Dadar ala RM Padang :
  • 4 butir telur ayam atau telur bebek
  • 2 sendok makan tepung beras
  • 2 sendok makan kelapa parut
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 batang daun bawang
  • 2 batang seledri
  • Cabai merah sesuai selera pedas
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu halus 
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah\
Cara Membuat Telur Dadar ala RM Padang :
  1. sangrai kelapa parut  sampai kecoklatan. tiriskan.
  2. Iris tipis daun seledri dan daun bawang.
  3. Kocok telur beserta tepung beras, dan bumbu halus. Sampai rata dan tidak ada gumpalan.
  4. Tambahkan kelapa parut, irisan daun seledri, daun bawang, garam, dan cabai merah. Aduk sampai rata.
  5. Panaskan minyak goreng di atas wajan penggorengan anti lengket. 
  6. Tuang adonan. Goreng di atas api kecil. 
  7. Tutup wajan agar panasnya merata.
  8. Setelah bagian bawah matang, balik telur dadar. Masak hingga matang merata.
  9. Angkat dan tiriskan.
  10. Sajikan diatas piring saji. Potong sesuai selera.
  11. Telur dadar khas rumah makan Padang siap dinikmati.
Demikian Resep Telur Dadar ala Rumah Makan Padang dari ABC Resep. Silahkan sobat ikuti resep telur dadar padang di atas. Selamat memasak. (baca juga : resep sup kepala ayam telur puyuh)





Resep Kue Cubit Pelangi

Resep Kue Cubit Pelangi - Anak-anak muda jaman now ternyata suka jajanan jaman old. Banyak sekali aneka jajanan jaman old yang dimodifikasi baik tampilan maupun rasanya oleh tangan-tangan kreatif sehingga menarik minat kids jaman now, salah satunya yang lagi ngehits adalah kue cubit.

Kue cubit ini berukuran mungil seperti namanya kue cubit, mungkin karena ukurannya secubitan orang kali ya?. Kue cubit ini muncul sebagai kue basah yang sangat populer di kalangan kids jaman now. Dengan modifikasi tampilan yang menarik dan perpaduan rasa mengikuti selera jaman now, menjadikan kue cubit sebagai jajanan populer yang tidak kalah dengan jajanan modern jaman now. Aneka rasa topping yang ditawarkan inilah yang menarik perhatian dan berhasil menggoyang lidah tidak hanya anak-anak, remaja hingga orang tua. Kue cubit pada jaman old hanya bertopping meses, kini berubah mengikuti selera jaman now, ada topping keju, green tea, red velvet dan banyak lagi.
Resep Kue Cubit Pelangi

Bentuk kue cubit pun tidak hanya monoton. Kue cubit bisa dibuat dengan menggunakan berbagai cetakan keu yang beraneka bentuk. Bentuk-bentuk yang menarik jika dikombinasikan dengan aneka rasa yang menggugah selera, akan membuat kue cubit semakin menarik mata dan lidah. (baca juga : Resep Kue Cup Mutiara)

Kue cubit ini bisa dinikmati di segala suasana. saat cuaca panas di siang hari ok, saat hujan-hujan wuih tambah nyam nyam. Kue cubit juga bisa disajikan saat lagi santai di depan TV, saat nongkrong bareng teman-teman atau bahkan bisa dinikmati sebagai sarapan. Ibaratnya kue cubit ini adalah pan cake ala Indonesia. 

Agar bisa sering-sering menikmati kue cubit, bikin aja sendiri. ABC Resep akan berikan resep kue cubit, bukan hanya resep kue cubit biasa tapi resep kue cubit pelangi. Resep kue cubit dari ABC Resep ini akan menyajikan bahan-bahan dan langkah demi langkah membuat kue cubit pelangi yang empuk dan enak. (baca juga : Resep Kue Mocca )

Gak usah khawatir, takut ribet buatnya. Resep Kue Cubit Pelangi yang lezat ini mudah kok. ikuti aja langkah-langkah membuat kue pelangi di bawah ini.

Resep Kue Cubit Pelangi

Bahan Kue Cubit Pelangi

  • 200 gr tepung terigu
  • 100 ml susu cair
  • 3 butir telur
  • 100 gr gula halus
  • 100 gr margarin, lelehkan
  • 1/4 sendok teh soda kue
  • 1 sendok teh vanilla bubuk atau vanilla extract
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • Pewarna makanan (merah, kuning, hijau)
  • meses warna warni
  • serpihan biskuit secukupnya
  • chocolate chips secukupnya
  • marshmallow secukupnya

Cara membuat Kue Cubit Pelangi

  1. Siapkan wadah, lalu masukkan telur dan gula. Kocok hingga mengembang dan gula menjadi halus. Sobat ABC Resep bisa menggunakan mixer agar lebih mudah dan cepat mengembang.
  2. Masukkan susu cair dan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk hingga rata.
  3. Tuang margarin yang sudah dicairkan, aduk hingga rata.
  4. Masukkan soda kue, baking powder, dan vanilla bubuk. Aduk sampai rata.
  5. Diamkan adonan selama 15 menit agar lebih mengembang.
  6. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Masukkan ke dalam tempat yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar agar lebih mudah untuk menuangkan ke dalam cetakan.
  7. Beri warna di setiap adonan. Satu warna dalam satu wadah.
  8. Panaskan cetakan kue cubit di atas api kecil. Olesi margarin atau minyak goreng . Setelah panas, tuangkan adonan di level setengah cetakan, lalu tutup.
  9. Saat adonan sudah setengah matang dan mengembang, taburi dengan coklat meses, serpihan biskuit, chocolate chips, marshmallow, dan teruskan panggang hingga matang yang terlihat dari bagian bawah kue agak kecoklatan.
  10. Keluarkan dari cetakan dan sajikan.
  11. Sobat ABC Resep bisa menggunakan topping sesuai selera.

Resep, Bahan, dan Langkah membuat Kue Cubit Pelangi

Silahkan mencoba Resep Kue Cubit Pelangi yang empuk, enak, dan nikmat. (baca juga : Resep Roti Gulung Pisang )

25 Cara Mengusir Tikus dari Rumah dengan Cepat dan Mudah

Tikus adalah salah satu hewan yang dekat dengan manusia tapi juga paling mengesalkan. Hewan pengerat satu ini sering membuat jengkel. Datang tiba-tiba, gak jelas dari mana datangnya, tahu-tahu glodak-glodak... eh, suara apa itu? Hei....ada tikus!!!. 

Kadang juga, lagi enak-enakan duduk-duduk sambil menikmati camilan yang paling enak, makanan kegemaran kita, nyam...nyam... eh...tiba-tiba ada tikus lewat di dekat kita tanpa rasa bersalah. Jadi hilang deh selera makan yang tadinya lagi on fire bangettt, mendadak lenyap gara-gara ada tikus. Sebel kan kalau udah ada tikus di rumah. 

Kalau di rumah ada tikus, semua jadi pada khawatir, kepikiran masakan yang masih anget tiba-tiba dijilatin dan dimakan ama tikus. Pasti pada jijik kalau sudah kayak gitu. Belom lagi tu tikus suka sembunyi di lemari, gerogoti apa aja yang ada. Kardus tempat nyimpan barang jadi lubang-lubang, buku yang tadinya rapi jadi sobek-sobek, kadang baju juga ikut sobek gara-gara dimakan tikus. Dan yang pasti, bau kotoran dan kencingnya itu, wuih... bikin mabok serumah.
cara mengusir dan membasmi tikus

Disamping mengganggu, tikus juga sumber penyakit misalnya leptospirosis. Penyakit leptospirosis ini berasal dari air kencing tikus. Nah, Bahaya kan? Jadi tambah pingin ngusir tikus segera dan secepatnya. Eits, tapi mengusir tikus dari rumah tidak mudah sob, hewan ini lincah dan pinter sembunyi. Kalau sudah sembunyi, anteng banget. Meski kita didekatnya atau bahkan kayu senjata kita hanya berjarak satu centi dari tubuhnya, si tikus akan diam aja. Dia akan bergerak lari kalau kita berhasil menyentuh tubuhnya. Jadi gak gampang nangkepnya. Tonton aja film Tom and Jerry, itu gambaran nyata betapa lihainya hewan satu ini. Sulit dimusnahkan. (baca juga : Gak Nyangka 7 makanan sederhana ini bisa melancarkan BAB)

Tapi sobat gak usah khawatir ABC RESEP akan memberikan 25 cara mengusir dan memusnahkan tikus dari rumah. Silahkan gunakan cara ini untuk mengatasi tikus di rumah sobat. Yuk, silahkan baca 25 Cara Mengusir Tikus dari Rumah. Kita akan mulai dari cara sederhana yang biasa dilakukan untuk membasmi tikus.


25 Cara Mengusir Tikus dari Rumah dengan Mudah


1. Gunakan racun tikus
Cara ini biasanya yang dilakukan orang untuk memusnahkan tikus dari rumah. Memang ini cara yang mudah dan cepat untuk membasmi tikus. Hasilnyapun cukup memuaskan, tetapi akibatnya bisa berkepanjangan. 
Tikus yang memakan racun tikus yang sudah dicampur dengan makanan, tidak langsung mati di tempat ia makan, tetapi ia akan mati beberapa saat kemudian. Ini yang jadi masalah, tikus mati di tempat-tempat yang tak terduga, bahkan kadang sulit untuk kita jangkau. Akibatnya bau bangkai tikus akan menyengat berhari-hari bikin mabok satu rumah Anda.

2. Lem Tikus
Menggunakan lem tikus ini lebih aman daripada racun tikus. Tikus yang melewati lem, akan terjebak dan tidak bisa lagi bergerak, sehingga kalau mati, akan mati di tempat. Jadi lebih mudah membuang bangkainya. Tetapi ada kelemahannya, tikus yang terjebak di lem sering kali bisa meloloskan diri dengan mudah. Tapi cara ini bisa dicoba.

3. Perangkap Tikus
Perangkap tikus ini biasanya terbuat dari kawat besi. Sobat gak perlu bingung membuatnya, di toko-toko banyak yang jual. Perangkap tikus ini banyak yang gunakan, karena cara menggunakannya cukup mudah. Taruh aja makanan yang disukai tikus di tempat yang disediakan di dalam perangkap. Kemudian taruh perangkap di dekat sarang tikus atau tempat yang sering dilalui tikus.

Saran aja sih, dari pengalaman, beberapa makanan yang pernah Kami coba ternyata jagung muda lebih disukai dari makanan lainnya. Mungkin karena ini tikus Indonesia jadi lebih suka makanan asli Indonesia, gak seperti tikus si Jerry yang suka makan keju. he he... bahkan pernah beberapa kali ada lebih dari satu tikus yang masuk dalam satu perangkap dalam waktu yang bersamaan. Sampai penuh tuh perangkap. 

4.  Memelihara Kucing
Musuh utama dan yang paling ditakuti tikus adalah kucing. Kucing adalah hewan yang suka sekali makan tikus, apalagi kucing kampung. Kucing punya penciuman tajam, ia akan tahu posisi tikus bersembunyi. Biasanya, kucing akan menunggu di dekat persembunyian dan akan terus melihat ke arah persembunyian tikus. Kalau ada kucing, tidak masalah apakah jantan atau betina, tikus akan lari terbirit-birit dan bersembunyi. Kalau di film Tom and Jerry beda lho ya, itu kan cuma film anak-anak.

Dengan memelihara kucing, maka tikus akan bersembunyi dan tidak akan berani keluar seenaknya. Lama kelamaan, tikus-tikus itu akan dimangsa oleh kucing atau pergi sejauh-jauhnya dari rumah Anda dan akan berpikir sejuta kali untuk kembali ke rumah Anda.

5. Memelihara Jangkrik
Jangkrik bisa menjadi pilihan hewan yang bisa dipelihara untuk mengusir tikus. Jangkrik memang badannya lebih kecil dari tikus, tetapi ada kelebihan yang dimiliki jangkrik yang tidak disukai oleh tikus, yaitu suaranya yang keras. Suara jangkrik yang keras bisa mengganggu pendengaran tikus, sehingga membuat tikus tidak kerasan berada di rumah Anda. 
Dalam memelihara jangkrik, jangan asal jangkrik kemudian dipelihara. Pilihlah jangkrik jantan, karena suaranya lebih nyaring dari jangkrik betina. Letakkan jangkrik jantan di tempat-tempat yang disukai tikus. Niscaya si tikus gak betah, lalu cepat-cepat pindah ke rumah sebelah. he he...

6. Kapur Barus
Kapur barus punya bau yang cukup menyengat. Bagi kita kapur barus baunya harum, tapi bagi tikus lain lagi. Bau inilah yang tidak disukai oleh tikus. Letakkan kapur barus di tempat-tempat yang dicurigai sebagai tempat persembunyian tikus, niscaya tikus akan kabur.

7. Daun Mint
Daun mint tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Daun mint bagi manusia merupakan daun yang punya aroma yang segar, tetapi aroma kesegaran daun mint tidak disukai oleh tikus. 
Ambillah beberapa daun mint, kemudian ambil sarinya. Larutkan ke dalam air. Semprotkan air larutan daun mint di tempat-tempat yang dilewati oleh tikus. Tikus akan berusaha menghindari daerah-daerah yang sudah disemprot larutan daun mint tadi.

8. Kulit Durian
Durian merupakan buah yang sudah diakui kelezatannya. Disamping rasanya yang lezat, buah durian juga memiliki bau khas yang sangat kuat. Bau durian yang kuat ini yang bisa digunakan untuk mengusir tikus, karena tikus memiliki indera penciuman yang tajam, maka bau durian yang sangat kuat membuat tikus cepat pergi dari rumah. 
Untuk mengusir tikus bisa menggunakan daging buah durian, bisa juga kulit durian. Tapi mending kulitnya aja deh, kalau daging buahnya, ya paling enak kita nikmati aja secara langsung atau buat campuran es, dibuat kue juga enak. Letakkan kulit durian di tempat-tempat kesukaan tikus. (baca juga : Resep aneka olahan berbahan ikan yang paling disukai)

9. Cabai dan Sabun Deterjen.
Cabai dan sabun deterjen untuk mencuci pakaian juga bisa digunakan untuk membasmi tikus di rumah. Caranya cukup mudah kok. Haluskan beberapa buah cabai rawit, bisa diuleg atau diblender. Kemudian campurkan dengan sedikit air. Lalu, tambahkan sabun deterjen. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol spray yang sudah tidak terpakai. Terus penggunaannya bagaimana?
Cairan ini tidak disemprotkan ke lantai atau tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus, tetapi semprotkan aja langsung ke mata tikus atau bokongnya yang nongol di tempat persembunyiaannya. Cairan itu akan menimbulkan rasa pedas dan panas, terutama kalau terkena mata.
Hati-hati! Simpan cairan ini di tempat yang aman dan tidak terjangkau oleh balita. Jangan sampai dipakai mainan oleh anak-anak karena sangat berbahaya kalau terkena mata.  

10. Mewarnai Tikus
Cara yang satu ini cukup aneh dan lucu, tapi cukup ampuh. Kalau sobat tidak jijik, cobalah pegang salah satu tikus, kemudian warnai tikus tersebut dengan pewarna makanan atau pewarna pakaian dengan warna yang mencolok semisal, merah, orange, kuning dll. Kalau jijik memegang tikus, bisa juga dengan menangkapnya lewat perangkap tikus. Tikus yang terperangkap, siram dengan zat pewarna yang sudah disiapkan. Setelah kering, lepas tikus tadi.
Tikus yang sudah diwarnai akan kembali ke sarangnya menemui teman-temannya. Tikus-tikus lain akan lari ketakutan melihat tikus yang sudah diwarnai tadi dan tidak akan berani kembali ke rumah Anda lagi. Kapok dikira ada hantu tikus kali ya...

11. Menggunakan Buah Mengkudu
Trik ini biasa digunakan oleh petani untuk mengusir tikus-tikus yang ada di sawah, tetapi tidak ada salahnya kalau diterapkan untuk mengusir tikus-tikus nakal di rumah. Seperti diketahui buah yang biasanya dipakai untuk jamu ini memiliki bau yang tidak enak, orang yang tidak biasa makan buah mengkudu akan tutup hidung karena baunya. 
Untuk mengusir tikus, hancurkan buah mengkudu, kemudian campur dengan air. Semprotkan di daerah yang biasa dilewati tikus. 

12. Minyak Peppermint
Minyak peppermint memang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Tetapi minyak ini bisa digunakan untuk mengusir tikus. Bau menyengat yang berasal dari minyak peppermint tidak disukai oleh tikus. Anda cukup mengoleskan minyak peppermint di tempat yang biasa dilewati oleh tikus atau di tempat persembunyiannya. Anda juga bisa mencelupkan kapas ke dalam minyak, kemudian letakkan kapas-kapas tadi di sudut-sudut ruangan, di bawah ranjang dan lemari atau temapt yang biasa disukai oleh tikus.

13. Ular
Ular merupakan salah satu hewan pemangsa tikus selain kucing. Tikus akan takut mendekat jika melihat ular. Tapi ga usah memelihara ular di dalam rumah juga kali, berbahaya tau!. Cobalah belih ular yang sudah dikeringkan atau bisa juga menggunakan ular plastik. Dijamin tikus akan lari terbirit-birit jika melihat ular-ularan ini.

14. Lada
Lada dikenal memiliki bau yang menyengat. Bau bubuk lada tidak hanya membuat hidung manusia menjadi gatal, tetapi juga bisa membuat tikus pergi dari rumah. Taburkan bubuk lada di tempat yang biasa dilalui tikus atau di dekat sarangnya. Bau menyengat dari lada akan membuat tikus tidak kuat kemudian akan pindahan dari rumah Anda.

15. Rambut Manusia
Rambut manusia juga bisa digunakan untuk membasmi tikus di rumah Anda. Taruh aja beberapa helai rambut di dekat sarang tikus atau tempat-tempat yang biasa dilalui. Tikus tidak akan tahan melihat rambut manusia, tikus akan memakannya. Tikus yang memakan rambut akan mati perlahan.

16. Irisan Bawang
Siapa sih yang tahan dengan bau bawang? Rupanya tidak hanya manusia yang tidak tahan dengan bau menyengat bawang, tetapi tikus juga tidak suka dengan bau bawang yang menyengat tajam. Iris beberapa siung bawang, kemudian taruh di dekat sarang tikus dan tempat kesukaan lainnya. Tikus tidak akan betah dengan bau bawang, tikuspun akan pergi menjauh dari rumah Anda. (baca juga gak sampai 5 menit jantung Anda akan sehat)

17. Daun Salam
Daun salam biasanya dipakai sebagai campuran masakan untuk menambah kesedapan makanan. Daun salam mengandung minyak atsiri, egeunol, tanin, flavonoid, dan metil kavikol. Oleh karena itu, tikus tidak suka dengan bau yang dihasilkan dari daun salam. Anda tinggal meletakkan beberapa lembar daun salam di dekat sarang dan tempat-tempat persembunyian tikus.

18. Baking Soda
Baking soda kalau dimakan akan menimbulkan gas. Jadi jika termakan oleh tikus, maka perut tikus akan terisi oleh gas. Sementara tikus merupakan hewan yang tidak bisa bersendawa ataupun muntah. Lambat laun tikus akan mati karena perutnya penuh dengan gas. 
Taburkan baking soda di makanan-makanan kesukaan tikus seperti jagung, ikan asin, dan sebagainya kemudian taruh di dekat tempat persembunyiannya sehingga tikus tertarik untuk memakannya.

19. Cengkeh
Cengkeh juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Bau yang dihasilkan oleh cengkeh tidak disukai oleh tikus, sehingga membuat tikus tidak betah berada di rumah Anda. 
Taburkan cengkeh di tempat persembunyian tikus, atau yang biasa dilewati oleh tikus. Anda juga bisa membeli minyak cengkeh. celupkan kapas ke dalam minyak cengkeh, lalu taruh di tempat-tempat kesukaan tikus.

20. Alat Ultrasonik
Alat ultrasonik ini merupakan alat penemuan baru yang dianggap bisa mengusir tikus. Alat ini mengeluarkan suara pada gelombang 20 kHz yang bisa didengar oleh hewan pengerat seperti tikus. Suara bising yang dikeluarkan oleh alat ultrasonik membuat tikus tidak betah. Namun, setelah beberapa hari pemakaian, ada sebagian tikus yang tahan terhadap suara bising dari alat ini sehingga tetap berada di tempat persembunyiannya.

21. Bedak Bayi
Meskipun cara ini kurang efektif, tapi Anda perlu mencobanya. Taburkan bedak bayi di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus atau di dekat persembunyiannya. Jika bedak bayi ini dimakan oleh tikus, maka tikus akan mati.

22. Kotoran Sapi
Bau kotoran sapi memang menyengat, tapi itulah keunggulan yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus. Tikus tidak akan suka dengan bau kotoran sapi yang menyengat tajam. Ambil kotoran sapi secukupnya, lalu letakkan di dekat sarang tikus atau tempat-tempat yang biasa dilewati agar si tikus tidak tahan tinggal di rumah Anda.

23. Air Kencing
Air kencing kita mengandung zat ammonia. Tikus biasa menandai daerah kekuasaanya dengan air kencingnya. Nah dengan menyemprotkan air kencing kita, maka tikus akan terganggu dan menghilangkan wilayahnya, sehingga membuatnya berpindah untuk mencari wilayah teritori baru. Tapi ingat ya, jangan banyak-banyak ntar malah bau pesing semua.

24. Daun Sirsak
Sirsak memiliki bau yang cukup menyengat. Mulai dari buah sampai daunnya juga mempunyai bau yang menyengat. Anda gunakan saja daun sirsak untuk mengusir tikus, karena tikus tidak suka dengan bau sirsak.

25. Kopi
Anda bisa menggunakan biji kopi untuk mengusir tikus, atau kalau tidak ada bisa gunakan kopi hitam. Biji kopi atau kopi hitam tidak disenangi tikus karena memiliki aroma tajam yang bisa membuat tikus susah bernapas. Taburkan aja kopi di dekat tempat persembunyian dan daerah yang biasa dilewati, maka tikus akan pergi dari rumah Anda. (baca juga : cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dan alami)

Demikianlah 25 cara membasmi tikus dari rumah. Silahkan ikuti cara membasmi dan mengusir tikus yang ABC Resep uraikan di atas. Mudah bukan cara mengusir tikus ?




Resep Cara Membuat Rendang Pedas Yang Lezat

Resep Cara Membuat Rendang Pedas - Pada tulisan ini ABC Resep akan membagikan resep cara membuat rendang pedas yang lezat. Langkah demi langkah cara memasak rendang yang pedas akan diuraikan dengan jelas disertai dengan bahan membuat rendang, serta bumbu rendang yang pedas dan juga lezat. 
Bahan utama untuk membuat rendang adalah daging sapi. Daging yang penuh dengan serat ini memang enak kalau dimasak rendang. Teksturnya yang berserat menambah sensasi tersendiri, daging sapi empuk terasa lebih lezat ketika dibalut dengan bumbu rendang yang sedap. Wuih... Sedap, lezat, gurih dan pedas.
Resep Rendang Pedas

Mari simak dan perhatikan bahan rendang, bumbu yang dipakai untuk memasak rendang serta langkah demi langkah memasak rendang di bawah ini. (Anda juga bisa klik Tips jitu agar daging cepat empuk, resep kambing bumbu pedas, resep soto tangkar iga)

Bahan Rendang :
  • 400 gram daging sapi
  • 350 ml santan kental yang berasal dari 2 butir kelapa
  • 1 liter santan encer
  • 2 cm lengkuas. Memarkan
  •  2 batang serai, juga dimemarkan
  • 2 lembar daun kunyit
  • 1 buah asam kandis
  • 2 1/2 sendok teh garam
Bumbu Halus Rendang :
  • Cabai merah keriting 15 buah
  • Cabai merah besar 5 buah
  • Cabai rawit merah 15 buah, kalau kurang pedas bisa ditambah sesuai selera
  • Bawang merah 15 buah ya...
  • Bawang putihnya 5 buah aja
  • Jahe cukup 2 cm
  • Kemiri yang disangrai 4 butir
  • Merica bubuk cukup 1 sendok  teh
  • Ketumbar 1 sendok makan aja
Cara Membuat Rendang Pedas :
  1. Potong-potong daging melawan serat setebal 2 cm;
  2. Rebus santan encer, 
  3. Masukkan bumbu halus;
  4. Tambahkan lengkuas, serai, daun kunyit, asam kandis, dan garam sambil diaduk sampai mendidih.
  5. Masukkan daging. Aduk hingga berubah warna. Kecilkan api.
  6. Masak di atas api kecil sambil sesekali diaduk sampai daging empuk dan mengental.
  7. Tuang santan kental. Aduk di atas api kecil hingga berminyak.
Demikianlah bahan rendang, bumbu rendang, serta langkah demi langkah cara membuat rendang pedas. Selamat mencoba resep rendang pedas.

Resep Cara Membuat Kacang Besta Pedas

Resep Cara Membuat Kacang Besta Pedas - Berikut adalah resep langkah demi langkah cara membuat camilan yang terbuat dari kacang yaitu resep kacang besta pedas. Pada tulisan di bawah ini, disamping kan diulas tentang cara membuat kacang oven besta pedas, juga akan dibahas bahan-bahan untuk membuat kacang besta pedas.

Bahan Kacang Besta Pedas :

  • Kacang tanah kupas 300 gram
  • Daun jeruk purut 5 lembar, buang tulangnya ya...
  • Gula pasir 50 gram aja
  • Gula merah yang sudah disisir 60 gram aja
  • Garam cukup setengah sendok teh
  • Air 50 ml
  • Minyak secukupnya untuk menumis
Resep Kacang Besta Pedas

Bumbu Halus Kacang Besta Pedas :
  • Bawang putih cukup 2 siung aja
  • Cabai merah keriting 7 buah. 
  • Cabai rawit merah 4 buah. Kalau mau ditambah juga ga pa pa sesuai selera. Biar lebih nyosss...
Cara Membuat Kacang Besta Pedas :
  1. Oven kacang tanah dengan api di bawah suhu 150 derajat celcius 15 menit sampai matang dan kering. Dinginkan.
  2. Tumis bumbu halus dan daun jeruk sampai harum. 
  3. Masukkan gula merah, gula pasir, garam dan air. Aduk terus sampai berbusa.
  4. Masukkan kacang. Aduk rata. Matikan api. Aduk terus sampai kering.
  5. Hidangkan.
Itulah bahan, bumbu dan cara membuat kacang besta pedas. Mudah bukan resep Kacang Besta Pedas yang ABC Resep sajikan. (Coba resep lain : Resep Samosa Tahu Pedas, Resep Bakso Kumis Naga Pedas, Resep Rujak Uyub)
Silahkan mencoba Resep Kacang Besata Pedas.