hati-Hati! Begini Cara Mengolah Daging Sapi ala Thibbun Nabawi

Cara mengolah daging sapi yang benar menurut thibbun nabawi - Daging sapi memiliki kandungan gizi yang baik. Namun disamping itu, daging sapi juga memiliki dampak negatif bagi tubuh kita. Oleh karena itu sebagian kita enggan untuk mengkonsumsinya karena khawatir terkena penyakit karena mengkonsumsi daging. ABC Resep akan membahas cara mengolah daging sapi yang benar menurut thibbun nabawi agar efek negatifnya bisa diminimalisir.

Menurut Ibnul Qayyim, daging sapi sifatnya dingin dan kering, sulit dicerna, amat sulit turun dari lambung. Juga menambah produksi empedu hitam, namun baik bagi orang yang bekerja berat. Oleh karenanya, daging sapi bagi orang yang tidak terbiasa memakannya atau sedang menderita suatu penyakit supaya berhati-hati karena empedu hitam dapat memperparahnya. Misalnya bagi penderita kudis, gatal-gatal, penyakit kaki gajah, kanker dll.

cara mengolah daging sapi menurut thibbun nabawi

Rasulullah SAW bersabda, "Hai Aisyah, diet adalah obat dan perut adalah rumah berbagai penyakit. Dan biasakanlah tubuh (menerima) apa yang biasa (diterimanya)." (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Imam Malik dalam al-Muwatha'). (baca juga : Tips Jitu Agar Daging Cepat Empuk)

Lalu bagaimana agar dampak negatif mengkonsumsi daging bisa diatasi? Ibnu Qayyim memberikan tips untuk mengatasi hal negatif dari daging dengan cara memasak daging sapi menggunakan bawang putih, jahe dan sejenisnya. Ditambahkan oleh Ibnu Muflih, bisa dimasak dengan bumbu bawang putih, jahe, lada, kayu manis, dan sebagainya. (baca juga : 7 tips cara menghilangkan bau prengus daging kambing)

Daging sapi sebenarnya kaya nutrisi. Bahkan daging anak sapi (sapi muda) lebih baik lagi kualitasnya. hanya saja, soal kebiasaan menjadi penentu ketika mengkonsumsi sesuatu, bukan hanya terkait dengan daging sapi. Orang yang tak biasa atau sedang bermasalah dengan empedu hitamnya seperti penyakit di atas, hendaknya mengantisipasi dengan memasak daging sapi menggunakan bumbu sebagaimana yang disarankan oleh Ibnul Qayyim dan Ibnu Muflih. (sumber : Majalah Suara Hidayatullah Edisi 04 XXX)
baca juga : resep rahasia sate kambing agar makin lezat dan juicy


Artikel Terkait

This Is The Newest Post